Prospek Cerah Ternak Kroto untuk Pakan Ikan dan Burung

  • Keuntungan hingga 30%  
Kebutuhan kroto sebagai pakan burung peliharaan dan pakan ikan yang dipancing tak pernah surut. Bahkan kian meningkat seiring bertambahnya para pecinta burung dan pehobis pancing ikan. Saying tidak sepanjang tahun ketersediaan kroto di alam bisa mencukupi kebutuhan pasar. Sehingga muncul peluang usaha budidaya semut rangrang penghasil kroto. Sejauh mana prospek dan perkembangan usaha ini? 

Hampir semua pecinta burung kicauan dan penghobi memancing mengenal kroto. Kroto adalah anakan semut rangrang (Oecophylla smaragdina) baik berupa telur, larva dan pupa. Kroto memiliki warna putih agak bening, mengandung banyak air dan kaya akan protein dan vitamin. “Semua semut bisa diternak sejak lama. Di Eropa sudah sejak abad pertengahan, orang memelihara semut untuk memakan, yang tulangnya akan digunakan sebagai peraga. Semut rangrang sudah dikenal sejak dulu di seluruh dunia karena berjasa untuk mengusir hama di perkebunan buah, kopi, cokelat, dll. Namun ternak semut rangrang sebagai pakan burung ocehan, baru tumbuh di Indonesia satu sampai dua tahun lalu,”ungkap F. Rahardi, pengamat agribisnis.

Selama pasokan kroto di pasaran sangat bergantung pada hasil tangkapan alam para pemburu kroto. Kroto biasanya dijumpai di pepohonan, namun tidak setiap saat ada terutama pada saat musim hujan. Hal itulah usaha ternakl kroto guna mengejar produksi. 

Prospek dan Persaingan 
Menurut F. Rahardi kebutuhan kroto telur, larva, dan pupa semut rangrang prospeknya cukup bagus karena saat ini semakin berkembang pencinta hewan peliharaan seperti burung peliharaan dan pecinta hobi memancing ikan. Selama ini kroto banyak diburu dari alam, namun pada musim hujan populasi semut rangrang di alam menyusut. Sehingga pasokan ke pedagang kroto berkurang. Ditambah lagi pembudidaya semut rangrang penghasil kroto belum banyak. Hal ini membuat berapa pun jumlah panen kroto dari para peternak pasti habis terserap pasar. 

Semut Rangrang 
Semut rangrang atau Oecophylla smaragdina merupakan jenis semut api. Si kecil merah ini selain menghasilkan kroto sebagai umpan ikan dan burung kicauan peliharaan, juga memiliki banyak manfaat yang bias digunakan bagi masyarakat, juga memiliki banyak manfaat yang digunakan bagi masyarakat. Di antaranya sebagai pembasmi dan pengendali hama tanaman. Berdasarkan informasi dan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementrian Pertanian, semut rangrang bias digunakan untuk mengendalikan hama ulat bulu yang pernah mewabah di Indonesia. Sehingga tidak perlu membeli insektisida lagi. Dengan kata lain bias digunakan dalam menghasilkan produk pertanian organik ataupun menekan biaya produksi tanaman/buah. Semut rangrang juga membantu penyerbukan jenis tanaman tertentu, dan sebagai indicator kedaan udara di suatu lingkungan, karena sifatnya pe terhadap perubahan udara. 

Produksi 
Ternak kroto sangat mudah dilakukan. Selain cepat menghasilkan, tidak membutuhkan modal besar, peralatan yang dibutuhkanpun sangat sederhana, yakni rak kayu/bamboo, toples plastik, ember dan kotak kardus sebagai pengemas. Tak hanya itu, pakan yang dibutuhkan selama memelihara semut rangrang untuk menghasilkan kroto cukup mudah, misalnya belalang, ngengat, cecak, kecoa, laron, sisa ikan, telur, daging serta air gula. Habitat asli semut rangrang tergantung ketinggian tempat, yakni 0-800 mdpi. Namun semua wilayah di Indonesia sebenarnya masih sangat potensial untuk budidaya kroto. Ketika sudah memasuki tahap budidaya, ketinggian tempat bukan lagi maslah karena bias disiasati dengan berbagai cara. Yang penting harus diperhatikan adalah semut rangrang yang diternakan untuk diambil krotonya jangan sampai terkena angin kencang, sinar matahari langsung atau air hujan karena bisa membuat semut mati. Jadi sebaliknya usaha ternak kroto bisa dilakukan di dalam rumah atau gudang. Anda juga bisa membudidaya kroto secara alami, misalnya memelihara semut rangrang pada pohon tahunan berupa pohon buah-buahan yang daunnya lebar, seperti mangga, nangka, mahoni, jambu air, jambu mete, randu dan sebagainya. Namun cara ini jarang digunakan jika untuk mengejar produksi, sebab perkembangan semut sulit dikontrol. Dalam budidaya kroto terdapat pergeseran tren, jika sebelumnya ternak kroto dilakukan di batang bamboo, kini ada cara yang lebih mudah dan bisa dikendalikan. Karena cara lama cukup membuat orang kesulitan ketika panen, yang mana semut rangrang sulit diatur karena keluar dari bambu ketika dibelah pada proses panen kroto menggunakan. Seperti yang dialami Marya Ulfa, peternak kroto Bogor. Kini cara terbaru dalam peternakan kroto menggunakan toples berbahan plastic sebagai wadah dan rak sebagai tempat penyimpanan toples. Selain semut dijamin tidak melarikan diri, proses panen kroto juga tidak sulit. Dengan cara ini, hasil kroto pun jauh lebih bersih dibandingkan hasil tangkapan alam, sehingga pasti para pedagang sangat menyukainya. Secara alami semut rangrang bisa menghasilkan kroto sebanyak 1 kg selama 10 hari. 

Pemasaran. 
Potensi pasar kroto terbesar adalah pemeliharaan burung kicauan, pemancing ikan dan nelayan. Maka penjualan menjadi lebih mudah, jika peternak mudah dijual dan harganya lebih mahal dibandingkan jika menjual kroto yang sudah mati alias dalam bentuk kering. Harga kroto kering rata-rata 50% lebih rendah daripada kroto fresh. Hal itu karena umumnya burung lebih menyukai kroto yang masih hidup. Sayangnya kroto hidup hanya mampu bertahan selama 2-3 hari. Sedangkan kroto kering bisa disimpan sampai 6 bulan lamanya. Saat ini harga kroto berada di kisaran Rp. 100-150 ribu/kg, sedangkan harga bibit kroto (semut merah yang dipelihara untuk menghasilkan kroto) Rp. 65-75 ribu/toples ukuran 1 liter sampai Rp. 350 ribu/toples ukuran 5 liter. Rantai pemasarannya yakni dari produsen ke pengepul, lalu dijual ke pedagang/toko pakan burung, kemudian ke pengecer kecil, barulah ke tangan konsumen. Jika peternakan ingin mendapatkan keuntungan lebih besar, bisa langsung menjual kroto ke konsumen misalnya pemancingan, nelayan atau pecinta burung peliharaan. Bagi pemula disarankan memulai usaha ini dengan membeli bibit kroto berupa semut rangrang siap bertelur (terdiri atas sarang semut rangrang berisi koloni semut yang terdiri dari ratu semut, semut jantan, semut prajurit dan semut jantan) yang biasanya dijual dalam kemasan toples. Barulah bibit kroto tersebut dipelihara sekitar 4-6 bulan sampai menghasilkan kroto pada panen pertama, dan selanjutnya bisa dipanen setiap hari. Ada baiknya para pemula telah memiliki target pasar, misalnya pecinta burung atau pemancingan dan toko penjual apakan atau poultry shop terdekat. Sehingga nantinya, ketika bibit telah menghasilkan, kroto bisa langsung terjual. Usahakan bisa menyediakan kroto dalam bentuk fresh alias masih hidup karena di samping harga jualnya lebih mahal, brurng juga lebih menyukai dan kicauan suara burung akan lebih baik. Sebagai permulaan bisa cukup dengan membeli 10 toples bibit kroto. 

Untung Besar. 
Anda bisa menjalankan usaha sebagai penyedia bibit kroto (semut rangrang yang dipelihara dalam toples) dan atau peternak kroto. Masing-masing usaha tersebut sama-sama mampu memberikan untung besar di atas 50 %. Seperti yang telah dialami Marya Ulfa, peternak kroto di Bogor yang mendapat untung sekitar 66% dan Yudhistira Satyadharma, penyedia bibit kroto yang memperoleh dalam jumlah besar seperti tidak perlu sewa lahan, mengingat cukup dilakukan di dalam ruangan di rumah seperti di gudang. Selain itu pakan semut rangrang yang mudah dijumpai dan harganya terjangkau. Bibit kroto (semut rangrang) yang telah menghasilkan kroto juga bisa di panen setiap hari setelah dipelihara selama 4-6 bulan. Jadi jangan lewatkan peluang bisnis kroto yang minim risiko dan masih besar pasarnya. Eka (Tim Agrobisnis). 

Perhitungan Usaha Ternak Kroto 
Kroto merupakan pakan alternative untuk burung dan ikan yang kaya akan protein dan vitamin. Kroto juga dapat membuat kicauan burung lebih merdu dan bulu lebih mengkilap. Kroto adalah telur dari semut rangrang, yang merupakan campuran larva dan pupa semut rangrang. Selama ini kroto hanya didapat berdasarkan tangkapan dari alam. Sayangnya pada musim tertentu, ketersediaan kroto di alam menipis. Untuk itu diperlukan usaha budidaya guna menambah pasokan yang ada dipasaran. Sehingga tak heran kini mulai banyak peternak-peternak kroto dan penghasil bibit kroto yang memanfaatkan peluang tersebut. Nah bagi Anda yang tertarik usaha ternak kroto yang mudah ini, berikut contoh gambaran awal usaha ternak kroto. 

Direktori Usaha Kroto
  1. Maryam Ulfa. Jl. Nanggewer Kp. Blok Rawa No. 127, Rt.16/07, Bogor Telp : 0852 9369 0544 Email : iraztata@yahoo.com Website : www.wong-dota.blogspot.com 
  2. Hans Perumahan Pelemsewu Baru No. G-3, Sewon Bantul Telp : 0878 3938 3789, 0817 4129 998 http://www.semutkrotoindonesia.blogspot.com 
  3. Abah Uus Jl. Caringin, Gg. Keluarahan No. 1 Rt. 02/04, Bandung 40223 Telp. 022-5425688, 081395067717, 087825998009 Email : jangkrikbandung@gmail.com Website : www.jangkrikbandung.tk 
  4. Agus Harianto Jl. Mertojoyo Blok N, No. 2 Malang Telp : 0341-9127374, 081555640540 Email : sentralternak@yahoo.com 
  5. Ajitek Agromediasindo Jl. Wates KM.5 Delingsari, Ambarketawang, Gamping, Yogyakarta Telp : 0274-373587, 0812 2782 5578, 0878 5927 0199 BB : 30E0D10D Email : tanyaajiponto@gmail.com 
  6. ZILDAN Firdaus Jl. Raya Tembus Magelang, Temanggung – Jawa Tengah Telp : 0813 9183 3938
  7. Bayou Jl. Gunung Salak Utara Perum Pradasari a 10 Denpasar – Bali Telp : 0813 37339 77703 
 B. PELATIHAN PEMBIBITAN DAN BUDIDAYA KROTO 
  1. Duto Sri Cahyono Ngabeyan RT. 03 RW.02 Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah 57165 Telp : 0857 2739 1224, 0853 2728 6699 Website : http://www.krotosemut.com http://www.krotosemut.com/2011/10/21/video-penangkaran-semut/ 
  2. Laskar Kroto Jl. Raya Sugio – Lamongan 62253, Jawa Timur Email : lascar.kroto@gmail.com Telp : 0853 3035 3327 
  3. Abah Uus Jl. Caringin, Gg.Kelurahan No. 1 RT.02/04, Bandung 40223 Telp : 022-5425688, 0813 95067717, 087825998009 
  C. SUPPLIER 
  1. Kroto Rahmat Tangerang Telp : 087771775969, 021 92465121 
  2. Ternak Semut Jl. Raya Jababeka, Cikarang – Bekasi, Karawang Telp /Hp : 0878 72206457, 082122847036 
  3. Semut Rangrang Temanggung, Jawa Tengah 56260 Telp : 0812225315231 Pin BB : 226D7C28 Email : krotoproduction@ymail.com 
  4. Semut Rangrang88 Pladen, Kudus 5900, Jawa Tengah Telp : 085727883763

Back to Top